'Perpus' Digital Kuliner Indonesia Itu Museum Gastronomi 

Jumat, 18 Juni 2021 15:11 WIB

Share

JAKARTA, POSKOTA.SUMUT.CO, ID

Tumpeng bukan cuma satu jenis, apakah Anda tahu itu? Dan tahukah juga Anda apa sejarah serta makna tumpeng?

Perlu diketahui semua makanan Indonesia bukan hanya sekadar makanan untuk mengenyangkan perut, tapi juga penuh filosofi dan makna indah di dalamnya, baik soal harapan atau doa.

Hanya saja, kekayaan kuliner Indonesia ini belum terdokumentasikan dengan baik. Dikutip Jumat (18/06/2021), Indonesian Gastronomy Community (IGC) yang melihat hal ini pun berpikir untuk mendokumentasikan dan menginventarisasi kuliner Indonesia dalam Museum Gastronomi Indonesia yang dihadirkan secara virtual.

Museum virtual ini merupakan wadah yang berisi informasi tentang cerita sejarah, asal-usul, proses akulturasi budaya dari berbagai masakan yang dihidangkan dan dikonsumsi sehari-hari.

"Semuanya berawal dari mimpi untuk punya wadah tentang cerita sejarah, asal-usul, proses akulturasi budaya yang dihidangkan dan dikonsumsi indonesia agar terjaga kelestariannya dan diketahui masyrakat.

"Sejak setahun lalu IGC menetapkan untuk mendirikan museum gastronomi."

Ria mengungkapkan peluncuran museum virtual ini juga sejalan dengan program pemerintah 'Indonesia Spice Up the World' yang menggaungkan lima kuliner Indonesia ke dunia, yaitu rendang, soto, nasi goreng, sate dan gado-gado.

Museum virtual

IGC sebenarnya berniat untuk membuat museum secara fisik seperti museum pada umumnya. Namun, pandemi dan semua pola kehidupan yang berubah saat ini membuat mereka menggandeng Siji, perusahaan yang bergerak di teknologi kreatif untuk membuat museum virtual.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler