Kekalahan Portugal Jadi Tanggungjawab Santos

Minggu, 20 Juni 2021 08:28 WIB

Share

JAKARTA, POSKOTA.SUMUT.CO.ID

Tak hanya gagal mengimbangi dua gelandang berpengalaman Jerman Toni Kroos dan Ilkay Gundogan, Portugal juga kalah di lini tengah dalam pertandingan grup Euro 2020.

Menurut pelatih Fernando Santos, dia yang bertanggungjawab penuh atas kekalahan 2-4 atas Jerman tersebut.

Cristiano Ronaldo membawa juara bertahan Portugal unggul lebih dulu pada menti ke-15 sebelum mereka dihancurkan oleh Jerman dalam waktu lima menit pada babak pertama ketika Ruben Dias dan kemudian Raphael Guerreiro memasukkan bola ke gawang sendiri.

Jerman tanpa henti merangsek ke pertahanan Portugal yang terbuka lebar dan mencetak dua gol lagi pada babak kedua setelah Kroos tidak terganggu oleh lini tengah Portugal yang pasif ketika dia menuntaskan 86 umpan.

"Kami hanya mengubah taktik lini tengah kami menghadapi laga ini. Kami hanya ingin menekan pemain-pemain lini tengahnya -Gundogan dan Kroos- dan kami ingin bek sayap kami maju," kata Santos dalam konferensi pers seperti dikutip Reuters, Minggu (20/06/2021). 

“Tapi jelas terlihat kami selalu kekurangan pemain tambahan di lini tengah dan terdesak. Itu strategi saya dan saya bertanggung jawab penuh atas hal itu," imbuhnya. 

Pada babak pertama, ujarnya, mereka hanya dua kali dilanggar. Jika kami tidak bisa menghentikan mereka, jika kami bermasalah dalam penguasaan bola, maka kami menghadapi masalah," ucapnya. 

Bek kiri Jerman Robin Gosens juga menyiksa barisan pertahanan Portugal dengan kecepatan dan kekuatannya dan mempersembahkan penampilan individual mengesankan dengan satu gol dan satu assist.

Walau menunjuk sejumlah kesalahan individual dalam pertahanannya sepanjang pertandingan itu, Santos tak mau menyalahkan pemainnya atas kekalahan tersebut.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler