KPU Binjai Gelar Pelatihan Pemilih Berkelanjutan  

Minggu, 20 Juni 2021 15:57 WIB

Share

BINJAI, POSKOTA.SUMUT.CO.ID

Rangkaian kegiatan pendidikan pemilih berkelanjutan 2021 digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai sebanyak enam kali pertemuan Juni dan Juli mendatang.

Hal itu disampaikan Devisi Sosialisasi, Parmas dan SDM KPU Binjai Robby Effendi, di Binjai, Minggu (20/6/2021).

“Sesuai dengan surat edaran dari KPU RI, dalam kegiatan ini KPU Binjai termasuk ke dalam kategori kegiatan dengan Parmas tinggi di atas capaian 70 persen,” sebutnya.

Robby Effendi mengatakan setidaknya tujuan pendidikan ini untuk memperbanyak jumlah pemilih yang mandiri dan rasional. Artinya pilihan politik tidak lagi berorientasi pada kepentingan politik jangka pendek seperti uang, kekuasaan dan kompensasi politik yang bersifat individual.

Kegiatan ini juga ingin menanamkan kesadaran masyarakat bahwa tujuan akhir dari demokrasi adalah kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. Masyarakat harus berdaulat atas pilihan politiknya sendiri. Masyarakat tidak bersedia diintervensi oleh kepentingan tertentu dan secara sadar berani menolak politik uang, sebutnya.

Robby mengatakan walaupun tingkat partisipasi pemilih meningkat, pihaknya memberi perhatian kepada empat kelurahan yang minim tingkat partisipasinya. Kelurahan itu diantaranya Pekan Binjai, Bandar Sinembah, Pahlawan dan Tanah Tinggi. Kemudian Kelurahan yang rawan konflik dan bencana yaitu Berngam dan Setia.

Hadir Ketua KPU Binjai Zulfan Effendi, Arifin Saleh dan moderator Kasubag Tekmas Fernando Pinem serta narasumber lainnya Heri Dani Ketua KPU Binjai periode 2013-2018. (PK/red) 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler