Sariamin Ismail, Novelis Asal Sumbar Pemilik Nama Samaran Selasih Seleguri

Sabtu, 31 Juli 2021 16:52 WIB

Share
Sariamin Ismail, Novelis Asal Sumbar Pemilik Nama Samaran Selasih Seleguri

JAKARTA, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Novelis wanita pertama Indonesia adalah kelahiran Talu, Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar).

Sariamin Ismail, penulis wanita ini juga kerap menggunakan nama samaran Selasih dan Seleguri atau penggabungannya, Selasih Seleguri.

Dilansir dari wikipedia, 31 Juli 2021, Sariamin kelahiran 31 Juli 1909 atau tepatnya hari ini, 112 tahun silam. 

Sariamin Ismail menulis novel petamanya diterbitkan tahun 1934, berjudul Kalau Tak Untung. Yang menginspirasi cerita dari novelnya tersebut, konon, merupakan kisah nyata hidupnya sendiri. Dimana, dia harus ditinggalkan oleh tunangannya yang menikahi wanita lain.

Juga ada kisah dua sahabat kecilnya, yang ketika itu saling jatuh cinta, tetapi sayangnya tak bisa bersatu. Tahun 1937, menyusul novel keduanya yang dia terbitkan dengan judul Karena Keadaan.

Tak hanya menulis novel, Sariamin semasa hidup juga menulis di beberapa surat kabar. Di antaranya, Pujangga Baru, Panji Pustaka, Asjarq, Sunting Melayu dan Bintang Hindia.

Sariamin ternyata juga pernah duduk sebagai anggota parlemen untuk daerah Provinsi Riau setelah terpilih pada tahun 1947. Ketika itu bersamaan dengan kepindahannya ke Kuantan sejak 1941. Begitupun ia masih terus menulis untuk sisa umurnya.

Tak hanya menulis, Sariamin juga aktif dalam sejumlah organisasi. Tetbukti dari tahun 1928-1930, ia mengetuai perkumpulan pemuda Islam Jong Islamieten Bond bagian wanita, untuk wilayah Bukittinggi.

Akhir tahun 1930, ia menjadi wartawan dan penulis yang “berani” di majalah perempuan Soeara Kaoem Iboe Soematra. Ia mengutuk poligami dan menekankan pentingnya hubungan keluarga inti di Minangkabau.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar