Kubis Sumut Diekspor ke Malaysia dan Taiwan

Senin, 6 September 2021 08:15 WIB

Share

MEDAN, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Hingga kini Provinsi Sumatera Utara masih rutin mengekspor kubis (kol) ke mancanegara. Di antaranya ke Malaysia dan Taiwan.

"Hingga awal September 2021 sudah ada ekspor kubis sebanyak 9,3 ton dengan total nilai Rp28,67 miliar," ujar Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto di Medan, Minggu 5 September 2021.

Kubis yang diekspor itu berasal dari sentra produksi Kabupaten Karo.

"Masih ada terus permintaan ekspor kubis ke negara Malaysia dan Taiwan," ujarnya.

Ekspor kubis dari Sumut pada tahun 2020 tercatat sebanyak 22,6 ton senilai Rp68,8 miliar dengan tujuan ekspor ke Taiwan, Malaysia, dan bahkan Singapura.

Andi Yusmanto menyebutkan kubis yang diekspor memiliki standar tinggi, termasuk dalam jumlah berat kubis per buahnya.

"Dengan sudah memasuki pasar ekspor, maka kubis Sumut berarti cukup bagus. Tinggal bagaimana petani bisa terus mempertahankan kualitas produknya," kata dia.

Sumut sudah lama mengekspor kubis ke mancanegara yang berlanjut hingga tahun 2021.

Balai Karantina Pertanian Belawan sendiri, ujar Andi Yusmanto, terus mendorong petani dan eksportir untuk bisa memperluas pasar ekspor dengan memberikan pembinaan, khususnya menyangkut kualitas produksi dan dokumen ekspor yang dibutuhkan negara importir.*

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler