Sumut Ekspor Kayu Manis ke 10 Negara

Selasa, 28 September 2021 14:05 WIB

Share
Sumut Ekspor Kayu Manis ke 10 Negara

MEDAN, SUMUT.PISKOTA.CO.ID

Sumatera Utara terus mengekspor kayu manis dan kini meningkat. Bahkan sudah dikirim sampai ke 10 negara. Termasuk ke Belanda dan Brazil.

Menurut Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto, pada Agustus tercatat ada ekspor kayu manis sebanyak 593,3 ton senilai Rp40,73 miliar.

Ekspor itu terus meningkat setiap bulannya meski masih ada pandemi Covid-19.

Pada Juni, misalnya, ekspor kayu manis masih 455,5 ton senilai Rp13,89 miliar dan Agustus tercatat ada ekspor sebanyak 593,3 ton senilai Rp40,73 miliar.

"Kayu manis memang termasuk dalam 10 komoditas utama ekspor Sumut di setiap bulannya," kata Andi di Medan, Senin 27 September 2021.

Selain kayu manis, ada crude palm oil(CPO), RBD Palm Olein, pinang, karet lempengan, pinang, kelapa parut dan kayu karet, sayur sawi dan kopi yang terbanyak diekspor Sumut setiap bulannya.

Ekspor kayu manis itu sedikitnya tercatat ke 10 negara seperti Belanda, Brazil, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, Jerman, Ukrania, Portugal dan India.

Kayu manis dibutuhkan untuk memenuhi permintaan industri farmasi dan makanan.

Meski Thailand, Malaysia dan India juga menjadi negara produsen kayu manis, negara itu tetap melakukan pembelian ke Sumut.

Halaman
Editor: Bambang Sugiarto
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar