Tren Pertumbuhan Penghimpunan DPK Perbankan di Sumut Terus Naik

Sabtu, 9 Oktober 2021 08:19 WIB

Share
Tren Pertumbuhan Penghimpunan DPK Perbankan di Sumut Terus Naik

MEDAN, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Sepanjang bulan di tahun 2021, penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) Perbankan khusus deposito di Sumatera Utara, masih terus bertumbuh.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Soekowardojo, misalnya hingga Agustus 2021, jumlah DPK masih tumbuh 10,76 persen.

Dikatakannya, pertumbuhan DPK di posisi Agustus 2021 itu naik dari posisi sama 2020 yang masih bertumbuh 10,44 persen.

Dia tidak merinci jumlah nilai DPK pada posisi Agustus 2021, namun disebutkan jauh lebih besar dari posisi Juni yang sudah Rp262,629 triliun.

"Pertumbuhan DPK itu menggembirakan walau sedikit melambat dampak pandemi Covid-19," kata Soekowardojo, di Medan, Jumat 8 Oktober 2021.

Pertumbuhan DPK perbankan didorong oleh akselerasi pada tabungan dan deposito.

DPK yang meningkat itu juga semakin menggembirakan karena penyaluran kredit masih bertumbuh baik juga.

Pengamat ekonomi Wahyu Ario Pratomo menyebutkan, pertumbuhan DPK didorong tindakan masyarakat yang semakin hati-hati membelanjakan uangnya akibat masih ada pandemi Covid-19.

Apalagi, ujar Wahyu yang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU) itu, kinerja usaha pengusaha masih belum membaik maksimal akibat pandemi Covid-19.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar