Akibat Kurang Pengawasan, Tanaman Ulang PTPN III Kebun Bangun Diduga Asal Jadi

Sabtu, 20 November 2021 10:14 WIB

Share

SIMALUNGUN, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Penanaman kelapa sawit yang benar akan mempengaruhi kualitas tanaman sawit dan mempengaruhi buah yang akan dihasilkan. Namun bila sembarangan dan tidak begitu memperhatikan teknik menanam baik dan benar, akan menyebabkan pohon kelapa sawit tidak berproduksi.

Seperti yang terjadi di PTPN III Afd II Kebun Bangun. Penanaman bibit kelapa sawit kurang maksimal. Ada dan tidak adanya mucuna ditemukan areal tanaman ulang seluas 46,25 Ha di lahan konversi.

Selain itu, dalam penanaman bibit sawit ditemukan rerumputan yang dapat menggangu perkembangan tanaman bibit sawit nantinya. 

Juga dalam pembuatan lubang tanam bibit sawit, sepertinya masih menggunakan manual. Bukan dengan menggunakan hole digger atau alat lubang tanam menggunakan traktor.

Asisten Afd III Kebun, Ganta Surbakti, ketika dikonfirmasi wartawan, Sabtu 20 Nopember 2021, tak membantah perihal tersebut.

"Malam bang, ada sedikit lagi areal yg belum ditanam mucuna karena kemarin bibitnya kurang dan sudah dibibitkan kembali. Insha Allah besok sudah ditanam full. Trims," balas Ganta Surbakti, melalui WhatsApp nya.

Menurutnya, pihak vendor juga ada menyediakan sesuai dengan kebutuhan luas areal yang ditentukan. 

"Sudah disediakan tapi ada yang mati. Oleh karena itu ditanggungjawabi vendor dengan menanam ulang bibitnya bang. 

Besok atau paling lambat hari Senin sudah selesai semua ditanam mucuna nya bang," balasn Ganta.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler