Teken MoU dengan UMSU, Edy Rahmayadi: Akademisi Perlu Terlibat dalam Pembangunan Daerah

Jumat, 31 Desember 2021 18:43 WIB

Share
Teken MoU dengan UMSU, Edy Rahmayadi: Akademisi Perlu Terlibat dalam Pembangunan Daerah
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Wagub Sumut Musa Rajekshah dan Pj Sekdaprov Sumut Afifi Lubis teken MoU dengan UMSU (sumut.poskota.co.id/dok)

MEDAN, SUMUT.POSKOTA.CO ID

Pembangunan di suatu daerah membutuhkan keterlibatan semua pihak, termasuk para akadmisi yang ada di Sumatera Utara (Sumut). Karena, peran para akademisi yang memiliki keahlian yang beragam sangat diperlukan dalam pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Jumat 31 Desember 2021. 

"Peran akademisi ini sangat dibutuhkan dalam pembangunan, agar Sumut lebih baik ke depan, ada berbagai masalah yang bisa diselesaikan dengan meminta pendapat akademisi, " kata Edy Rahmayadi. 

Nota kesepahaman yang diteken tersebut tentang penelitian dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pertimbangan akademis pada pembangunan daerah Sumut. Adapun ruang lingkup kerja sama yang akan dilakukan antara lain pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, seminar publikasi, penerbitan lokakarya, pengelolaan SDM, pengkajian studi kelayakan dan lainnya. 

"Sinergi kita perlukan untuk membangun Sumut ini, tidak bisa hanya satu pihak saja, " kata Edy. 

Sementara itu Rektor UMSU Agussani menyampaikan, kerja sama tersebut merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menurutnya, hal itu tidak bisa dilakukan tanpa bernitra dengan pemerintah atau pihak lain. 

"Kita sangat bersyukur Pemprov Sumut melakukan ini, sebenarnya selama ini tugas seperti ini sudah kita lakukan, namun kita memerlukan payung hukum sehingga implementasi bisa kita laksanakan, " ujar Agussani.

Selanjutnya, diharapkan kerja sama tersebut akan diimplementasikan langsung kepada OPD Pemprov. "Gubernur sebagai pembuat political will, akan mengimplementasikan ke OPD, agar akademisi bisa berperan dalam pembangunan, " ujarnya. 

Turut hadir Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Pj Sekretaris Daerah Sumut Afifi Lubis dan OPD Pemprov Sumut.*

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar