Menderita Sakit Lutut? Cobalah Pengobatan Rumahan Ini untuk Meredakannya

Sabtu, 8 Januari 2022 09:58 WIB

Share
Menderita Sakit Lutut? Cobalah Pengobatan Rumahan Ini untuk Meredakannya

 

Gaya hidup kita yang tidak banyak bergerak selama masa pandemi dapat memengaruhi tubuh kita dalam berbagai cara.  Sementara mata kita menanggung beban waktu layar yang berlebihan, persendian dan otot kita menjadi lebih kaku karena postur duduk yang terus menerus.  Tidak heran nyeri lutut meningkat pada orang tua dan juga orang-orang yang sebagian besar tidak aktif karena pekerjaan meja mereka.  Musim dingin dapat memperburuk nyeri lutut secara umum.

 Obesitas juga bisa menjadi salah satu penyebab di balik nyeri lutut karena berat badan ekstra dapat menambah ketegangan pada persendian Anda selain radang sendi dan asam urat.  Cedera lutut saat berolahraga adalah alasan umum lainnya untuk rasa sakit.

 Untuk memastikan lutut kita tetap sehat bahkan di usia tua, seseorang harus meluangkan waktu untuk berolahraga dan beberapa aktivitas fisik di siang hari.  Diet yang baik yang sarat dengan nutrisi dapat memastikan Anda memiliki tulang yang lebih kuat dan kesehatan yang baik secara keseluruhan.  Para ahli mengatakan nyeri lutut ringan dan sedang dapat diobati di rumah dengan pengobatan yang mudah.

 "Nyeri lutut ringan hingga sedang seringkali dapat diobati di rumah. Jika Anda baru saja mengalami cedera lutut atau jatuh, cobalah terapi RICE (Istirahat, Es, Kompresi dengan perban dan Elevation over a pillow). Jika Anda memiliki ketidaknyamanan lutut yang berlangsung lama,  Latihan harian dapat membantu menjaga otot tetap kuat dan mempertahankan mobilitas Aktivitas berdampak rendah seperti bersepeda, berjalan kaki, berenang/olahraga air dan tai chi atau yoga dapat meredakan nyeri lutut Terapi panas atau dingin (20 menit setiap kali) dan manajemen berat badan terutama pada  pasien obesitas dapat membuat lutut Anda bernapas," kata Dr Mohit Kukreja, Konsultan Ahli Bedah Ortopedi, Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai Central.

 Jika nyeri lutut Anda tidak memungkinkan Anda berjalan atau menaiki tangga dengan benar, bersepeda atau berjalan kaki, maka Anda harus mengatasi masalah ini dan mengikuti pengobatan rumahan oleh Dr Rakesh Nair, konsultan ahli bedah penggantian lutut di Zen Multispeciality Hospital, Chembur.

 Berolahraga setiap hari: Bagi orang yang tidak aktif secara fisik mungkin berisiko tinggi mengalami nyeri lutut.  Jika Anda menderita osteoartritis lutut atau cedera lutut maka cobalah untuk bergerak sebanyak yang Anda bisa.  Berolahraga setiap hari dapat memperkuat persendian dan meningkatkan mobilitas.  Cobalah aktivitas seperti jalan kaki, yoga, bersepeda, berenang di bawah bimbingan pelatih kebugaran.  Jika Anda mengalami cedera lutut, bicarakan dengan ahlinya sebelum mengikuti rutinitas kebugaran apa pun, dan jangan berolahraga keras sama sekali.

 Pertahankan berat badan yang optimal: Jika Anda berada di sisi yang lebih berat, maka inilah saat yang tepat untuk mengurangi kelebihan berat badan tersebut dan kembali ke bentuk semula.  Menjadi gemuk dapat menambah beban pada sendi lutut.

 Kompresi panas dan dingin: Anda dapat mengganti kompresi panas dan dingin karena keduanya memiliki efek anti-inflamasi.  Menerapkan panas dapat membantu otot-otot Anda untuk rileks dan mengurangi kekakuan sendi.  Coba letakkan botol air panas di lutut atau bantal pemanas.  Dalam kasus kompresi dingin, Anda dapat menggunakan kompres es atau meletakkan es batu di kain bersih dan meletakkannya di lutut karena dapat menghilangkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

 Pijat: Pijat sendiri dapat membantu Anda mengatasi nyeri lutut.  Jangan terlalu menekan karena dapat memperparah rasa sakit.  Bersikaplah lembut.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar