Hari Raya Mimpi Anak Sungai Deli Festival Rakyat yang Rindukan Sungai

Minggu, 9 Januari 2022 20:32 WIB

Share
Hari Raya Mimpi Anak Sungai Deli Festival Rakyat yang Rindukan Sungai

MEDAN,SUMUT.POSKOTA.CO.ID - Sungai Deli yang menjadi simbol peradapan Kota Medan diperkirakan akan hilang dan menjadi parit besar saja jika eksploitasi terus dilakukan terhadap sungai yang menjadi kebanggaan kota terbesar nomor tiga di Indonesia ini. 

Penyempitan, penggerusan, lubang sampah umum, pembuangan limbah secara sembarangan, yang selama ini dilakukan dengan sewenang-wenang adalah bentuk kezoliman masyarakat terhadap Sungai Deli. Sehingga tidak lagi menjadi sumber kehidupan. 

Padahal masih banyak masyarakat yang memanfaatkan Sungai Deli untuk berbagai keperluan hidup seperti, mandi dan mencuci. Tetapi kini masyarakat mau tak mau tetap melakukannya, meski tak lagi sehat dan bersih. 

Di antara masyarakat yang masih bergantung hidup pada Sungai Deli adalah masyarakat Sei Mati di Kelurahan Maimoon. Dan mereka di bawah Sanggar Anak Sungai Deli (Sasude) , Sabtu, 8 Januari 2022, memperingatinya dengan Tema "The Dreams".

Acara ini berkolaborasi dengan Kantor Teater yang mengusung judul "Delirium". Sebuah perfomance art dengan menarik Sampan di jalan Raya. 

Kantor Teater dengan personil, Roy Julian, Mamexandria, Ateng dan Marina Novianti Tampubolon serta Agus Susilo (TRM), ingin mengajak siapapun untuk mulai mengasihi dan menyayangi Sungai Deli. 

Di sampan berukuran 3 meter dengan muatan puluhan kilo sampah itu Agus Susilo membaca Puisi "Mata Air, Air Mata" karya Sutardji Chalsoem Bahri. Beberapa remaja juga terlihat ikut menarik. 

Dalam gagasannya Roy Julian Menulis ;

Delirium adalah sebuah performance art yang ingin merespon kondisi Sungai Deli yang saat ini tengah berada dalam keadaan yang sangat mengkhawatirkan akibat pendangkalan dan penyempitan habis-habisan. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar