Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Anak Anda di Tengah Pandemi

Selasa, 11 Januari 2022 10:00 WIB

Share

Kesehatan usus berdampak langsung pada kesehatan mental.  Masa pandemi sangat menegangkan bagi anak-anak, yang tidak dapat bertemu teman dan guru mereka secara teratur dan bermain dengan bebas di luar ruangan.

 Makan makanan yang memiliki dampak positif pada kesehatan mental mereka dengan demikian penting.  Diet sehat yang kaya nutrisi dan sayuran dapat membantu meningkatkan rasa sejahtera secara keseluruhan di dalamnya.

 Anak-anak sering pilih-pilih makanan dan mungkin tidak selalu mengonsumsi makanan yang tepat untuk mereka.

 "Diet yang kekurangan makanan padat nutrisi dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, terutama mikronutrien seperti seng dan asam folat yang telah dikaitkan dengan masalah kesehatan mental," kata Zamurrud M Patel, Kepala Ahli Diet, Rumah Sakit Global, Parel, Mumbai.

 Kebutuhan gizi seimbang seorang anak dimulai sejak ia berusia 1 tahun. Pada masa kanak-kanak, diet memainkan peran penting dalam pertumbuhan fisik, sosial dan perkembangan.  Pada fase awal masa kanak-kanak, seorang anak membutuhkan makanan yang tidak hanya membantu pertumbuhan fisik tetapi juga perkembangan otak yang lebih baik.

 Berikut adalah makanan yang harus dimasukkan dalam diet anak untuk kesehatan mental yang lebih baik menurut Patel.

 1. Buah dan sayuran berwarna merah dan kuning seperti wortel, paprika, pepaya dll merupakan sumber yang kaya akan Vitamin A, yang merupakan anti-oksidan yang kuat.

 2. Pisang adalah sumber vitamin B6 dan fitonutrien yang baik.  Ini juga merupakan sumber serat yang baik dan menjaga usus tetap bersih.

 3. Bawang putih dan bawang bombay memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang baik yang menjaga peradangan tetap terkendali dan meningkatkan kesehatan sel yang baik.

 4. Sayuran berdaun hijau mengandung sejumlah besar vitamin seperti A, C, K, dan banyak vitamin B termasuk folat (B9);  itu juga merupakan sumber mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, dan kalium bersama dengan banyak serat.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar