Diskusi 50 Tahun Teater Imago, 4 Pembicara Ajak Seniman Desak Pemko Medan Segarkan DKM dan Gedung Kesenian

Minggu, 16 Januari 2022 14:34 WIB

Share
Diskusi 50 Tahun Teater Imago, 4 Pembicara Ajak Seniman Desak Pemko Medan Segarkan DKM dan Gedung Kesenian

MEDAN,SUMUT.POSKOTA.CO.ID - Empat nara sumber, Jaya Arjuna, Dr Iskandar Zulkarnaen, Juhendri Chaniago dan Dr Rosramadhana mengajak seniman untuk mendesak Walikota Medan segera menyegarkan kembali Dewan Kesenian Medan (DKM) dan membangun atau merenovasi gedung kesenian di eKS Taman Budaya Sumut. (TBSU). 

Hal tersebut disampaikan dalam acara "Diskusi Teater" serangkaian acara 50 tahun Teater Imago Medan, di gedung Tari eks TBSU, Sabtu 15 Januari 2022.

"Kami dari akademisi siap bersama seniman untuk berjuang agar di Kota Medan dibangun gedung kesenian. Namun tentunya dengan langkah-langkah yang benar. Agar perjuangan tidak sia-sia, " kata Dr Rosramadhana Antropolog Unimed. 

Rosramadhana menekankan kepada Walikota Boby Nasution agar mendengar keluhan seniman. Sebab gedung kesenian tetap dianggap penting meskipun seniman di era post modernisme ini bisa berkarya di mana saja.

"Di era post modernisme ini seniman seharusnya cerdas. Mengerti dulu apa itu kebudayaan dan apa itu budaya. Gedung kesenian adalah produk budaya yang mestinya ada di tiap kota besar. Maka agar seniman dapat menuntut gedung tersebut, DKM memiliki peran penting, sebagai lembaga formal, " ujarnya. 

Sementara itu Jaya Arjuna  berharap Wali Kota Medan Bobby Nasution menetapkan figur-figur kepengurusan baru Dewan Kesenian Medan (DKM) yang periodesasinya telah berakhir. 

"Periodesasi  DKM sudah berakhir. Agar tidak terjadi kevakuman kepengurusan yang sudah memasuki hitungan bulan ini, kita berharap Wali Kota segera melakukan pergantian pengurus agar program berkesenian dan berkebudayaan di Kota Medan kembali bergairah lewat penyelenggaraan musyawarah seniman," kata pengurus MKM Jaya Arjuna. 

Menurut Jaya Arjuna, kewenangan penetapan kepengurusan Dewan Kesenian Medan merupakan tanggung jawab Pemko Medan sesuai Peraturan Wali Kota Medan Nomor 10 Tahun 2014. Lewat adanya kepengurusan baru nanti.

"Kita mendesak Walikota segera menyelenggarakan Musyawarah Seniman. Itu tugas Walikota. Seharusnya sudah dilakukan sejak kemarin-kemarin. Saat ini sudah dua tahun  DKM itu dibiarkan, " ujarnya. 

Jaya Arjuna yang juga pengurus MKM, berharap akan muncul ide-ide cemerlang bagaimana kesenian dan kebudayaan menjadi bagian yang tidak terpisah dari Medan sebagai kota metropolitan seperti di kota-kota besar di dunia. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar