17 Tahun Teater Rumah Mata Upacara Situs dan Konsep Teater Miskin yang Kaya

Selasa, 1 Februari 2022 23:09 WIB

Share
17 Tahun Teater Rumah Mata Upacara Situs dan Konsep Teater Miskin yang Kaya

Pagi itu, Minggu 30 Januari 2022 Museum Situs Kota Cinta dibanjiri manusia. Ramai, meriah namun tertata apik. Hikmah seperti upacara tradisian.

Ada banyak acara yang mengisi peringatan ultah ke 17 Teater Rumah Mata itu. Baca puisi, teater, dolanan, mainan tradisi, musik bahkan Yoga. 

Acara berlangsung dari pagi pukul 10.00 Wib hingga sore pukul 17.00 Wib lebih sedikit. Sekira pukul setengah enam begitulah. 

Yah itu pesta Teater. Mengalir dengan intensitas dan dinamika yang sehat. Segala energi baik yang berkumpul menjadi sebuah upacara yang sederhana. 

Meski ada makanan mewah, kudapan yang enak dan lezat namun upacara syukuran itu tetap terjaga ritmenya, adatnya, petuah-petuahnya. Bahwa Teater bukanlah ogah-ogah tak berujung pangkal. 

Dia hadir bagai sebuah ritual manusia. Tidak melupakan akar-akar tradisi. Seperti puisi, indah namun tidak encer gocer, dia kental, padat dan penuh makna. 

Lihatlah misalnya anak-anak dari SMP 16 Binjai itu. Yang me musikalisasi kan puisi. Ada Melayu yang membuai kita di situ. Gesekan biola dan gendang pak pong, sungguh jauh dari kesan hura-hura. Dia mengajak anak-anak di Desa Siombak untuk pulang kepada tradisi. 

Atau kita melihat Lenong ala Kantor Teater. Lenongan Betawi. Tradisi orang Betawi yang hadir di suasana ulang tahun sebuah kelompok teater yang tengah beranjak dewasa. Semuanya mengalir tanpa pengeras suara, namun sampai ke relung-relung hati kita yang siap menjadi penonton dan ditonton. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar