Bagaimana Cara Mengatasi Pengabaian Emosional Masa Kecil? Pakar Menjelaskan

Kamis, 17 Februari 2022 11:13 WIB

Share

Childhood Emotional Neglect (CEN) adalah ketika orang tua kita tidak menanggapi emosi kita dengan cara yang sehat di masa kanak-kanak, yang selanjutnya mengarah pada kesulitan dalam perkembangan emosional di masa dewasa, yang mengarah pada ekspresi yang tidak tepat dan keraguan diri. 

Psikolog Nicole LePera, yang menggunakan nama The Holistic Psychologist di Instagram, dikenal karena berbagi wawasan menarik tentang hubungan, perkembangan emosi, dan nuansa emosi manusia melalui postingannya.

 Sehari yang lalu, Nicole membagikan video dirinya yang membahas masalah Pengabaian Emosional Masa Kecil.  Dia mengatakan bahwa CEN terjadi ketika orang tua kita meminimalkan atau tidak cukup memperhatikan emosi masa kecil kita.  Ini menyebabkan kita mengalami masalah ketika kita terus menciptakan hubungan baru di masa dewasa kita.

 Nicole lebih lanjut menambahkan bahwa ada banyak cara untuk mengetahui apakah kita menderita CEN.  Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan introspeksi diri yang sering mengalami kendala dalam membalas perasaan kita sehingga tidak mau meminta bantuan padahal kita membutuhkannya.  Lebih lanjut dia menambahkan, orang yang menderita CEN juga bingung dengan emosinya sendiri dan merasa kesulitan bersosialisasi dengan orang lain.

 CEN juga mempengaruhi cara orang merasa tentang mereka dan emosi mereka.  Orang-orang merasa sangat kritis terhadap emosi mereka sendiri dan perasaan mereka – mereka juga meragukan diri mereka sendiri dan berpikir bahwa mungkin ada sesuatu yang salah dengan mereka, dan karenanya menghadapi kesulitan dalam menjaga dan mempertahankan hubungan mereka dengan teman dan keluarga mereka.

 "Pengabaian Emosional Masa Kecil (CEN) sangat umum di masyarakat kita," tambah Nicole. Dia juga menunjukkan cara-cara di mana Pengabaian Emosional Masa Kecil dapat diatasi. Dia menulis bahwa penting untuk memahami dan membalas emosi dan mulai menetapkan batasan.  Itu juga perlu untuk memenuhi kebutuhan agar lebih cepat sembuh. **

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler