JMSI Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Senin, 14 Maret 2022 07:17 WIB

Share

PASAMAN BARAT, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menyerahkan donasi untuk pembangunan empat unit hunian sementara (Huntara) bagi korban gempa 6,2 SR di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Minggu 13 Maret 2022.

Donasi pembangunan Huntara ini, merupakan sumbangan spontan pengurus JMSI se-Indonesia yang dipercayakan pada Pengda JMSI Sumatera Barat. Penggalangan donasi ditutup pada 10 Maret 2022 lalu seiring berakhirnya masa Tanggap Darurat. 

Donasi yang dikumpulkan ini, digunakan untuk pembangunan Huntara yang dikerjasamakan dengan PMI Pasaman Barat dengan jumlah Rp4,8 juta. Sisanya, diserahkan berupa uang tunai bagi tiga orang wartawan dari anggota JMSI Sumatera Barat yang ikut jadi korban gempa, masing-masing senilai Rp1 juta. 

“Ini merupakan bentuk kepedulian dalam membantu menyediakan hunian lebih layak dan manusiawi bagi masyarakat terdampak pasca dihantam bencana gempa pada 25 Februari 2022 lalu sekaligus bentuk kepedulian pada rekan wartawan yang rumahnya juga mengalami kerusakan akibat gempa,” ungkap Sekretaris Pengda JMSI Sumatera Barat, Aguswanto, yang mengantarkan langsung bantuan ini.

Dikatakan Aguswanto, pada 6 Maret 2022 lalu, JMSI juga sudah menyalurkan bantuan 6.000 kantong minyak goreng kemasan 2 liter, bagi korban gempa di Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman serta kebutuhan harian lainnya. Bantuan ini merupakan hasil kolaborasi dengan Artha Graha Peduli, SPR Padang dan Korem WBR. 

“Donasi untuk membangun empat unit Huntara, diserahkan berupa uang tunai sebesar Rp4,8 juta yang nantinya akan dikelola dan direalisasikan PMI Pasaman Barat pada masyarakat penerima manfaat,” terangnya. 

Sejauh pengamatan JMSI Sumbar, ungkap Aguswanto, kebutuhan hunian layak memang sangat mendesak seiring telah dicabutnya status tanggap darurat bencana dan dipulangkannya para pengungsi ke wilayah pemukiman masing-masing. 

“Sementara, banyak di antara masyarakat sudah kehilangan tempat tinggal dan membutuhkan bantuan cepat dari kita semua agar mereka bisa terus bertahan dan melanjutkan kehidupan yang tidak lagi sama seperti sebelumnya,” ungkap Aguswanto.  

Dia berharap, langkah-langkah kecil yang dilakukan JMSI bersama segenap insan yang memiliki kepedulian akan sesama, dapat sedikit membantu kesulitan masyarakat terdampak bencana.  

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler