Polres Pematang Siantar Gelar Rakor Penanggulangan Penyakit MK Hewan

Senin, 16 Mei 2022 09:39 WIB

Share
Polres Pematang Siantar Gelar Rakor Penanggulangan Penyakit MK Hewan

SIANTAR, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Polres Pematangsiantar menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penanggulangan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, di Ruang Sat Reskrim Polres Pematangsiantar, Jalan Sudirman Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sabtu 14 Mei 2022. Rakor dipimpin langsung Kabag Ops AKP Muri Yasnal SH.

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Pematangsiantar, Budi Utari Siregar AP, mengucapkan terimakasih kepada kepada Polres Pematangsiantar, karena cepat dan tanggap melakukan tindakan preventif penanggulangan wabah PMK.

Selanjutnya, Budi Utari meminta Dinas terkait, agar mengaktifkan kembali Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) serta mendata ulang hewan ternak jenis memamahbiak di Kota Pematangsiantar. Sekaligus untuk dilakukan pengecekan kondisi hewan.

Kabag Ops Polres Pematangsiantar, AKP Muri Yasnal SH, menyampaikan imbauan agar petugas di lapangan tidak salah mengambil tindakan dan tidak salah memberi informasi tentang wabah PMK kepada pemilik ternak, sehubungan dengan perayaan hari Raya Qurban.

Kabag Ops juga menyampaikan agar Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) diperiksa kembali serta jangan lepas dari pengawasan terhadap hewan yang telah terjangkit wabah PMK.

Kepada petugas penyuluh peternakan diimbau untuk selalu aktif memberi sosialisasi kepada masyarakat mengenai masalah PMK.

Hasil rapat disimpulkan agar membuat brosur/selebaran dan spanduk mengenai wabah PMK, untuk didistribusikan kepada masyarakat pemilik hewan ternak memamahbiak.

Kemudian, sebagaimana dilansir dari Metro Online, Senin 16 Mei 2022, membuat Infografis untuk dibagikan di media social serta membentuk Satgas antisipasi atau pencegahan wabah PMK di kota Pematangsiantar.

Kegiatan dilanjut melakukan pemeriksaan hewan ternak di Rumah Potong Hewan (RPH), di Lekerkam Blok III Sibatubatu Kelurahan Bah Sorma, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar dipimpin Kapolres Pematangsiantar AKBP Fernando SH SIk.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar