Rencana Dispora Ingin Gusur UMKM di Taman Cadika Pramuka Medan Ditentang

Rabu, 25 Mei 2022 07:00 WIB

Share
Ketua Komisi II DPRD Medan Sudari ST
Ketua Komisi II DPRD Medan Sudari ST

MEDAN,SUMUT.POSKOTA.CO.ID - Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Medan, berencana akan melakukan penggusuran terhadap pedagang atau pelaku UMKM yang berada di lingkungan Taman Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor.

Terang saja rencana tersebut mendapat tantangan dari para pelaku UMKM yang selama ini melakukan kegiatan ekonomi di lokasi tersebut. Tidak hanya pelaku UMKM, penolakan penggusuran tersebut juga muncul dari Ketua Komisi II DPRD Medan Sudari ST.

Sudari ST menilai, apa yang akan dilakukan Dispora Medan sangat bertentangan dengan program Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Sebab, Bobby Nasution sedang fokus-fokusnya menumbuhkan kembali perekonomian dengan memberdayakan UMKM sebagai ujung tombak perekonomian masyarakat.

"Kita tidak tahu pasti rencana tujuan (penggusuran) nya untuk apa. Tapi yang pasti, rencana itu jelas sangat bertentangan dengan program Wali Kota Medan, Pak Bobby Nasution yang sedang giat-giatnya menumbuhkan dan memberdayakan pelaku UMKM di Kota Medan," ucap Sudari, Selasa 24 Mei 2022.

Untuk itu, Ketua Fraksi PAN DPRD Medan tersebut menyarankan kepada Kadispora Kota Medan, Pulungan Harahap untuk segera membatalkan rencana tersebut.

Sebab sejatinya, setiap pejabat di lingkungan Pemko Medan wajib mematuhi, mendukung, dan membantu jalannya program-program Wali Kota Medan, termasuk dalam mendukung program pemberdayaan para pelaku UMKM.

"Intinya, selama keberadaan pelaku UMKM ini tidak mengganggu ketentraman masyarakat, Dispora seharusnya tidak mempermasalahkan hal itu. Jadi tidak ada alasan bagi Dispora Medan untuk tidak mendukung program Wali Kota Medan dalam memberdayakan UMKM. Sebab kami menilai, program pemberdayaan UMKM ini justru sangat baik," ujarnya.

Sudari juga meminta Dispora Kota Medan untuk berkaca dari dibukanya kembali Beranda Kreatif di halaman depan kantor Wali Kota Medan setiap Sabtu malam seiring angka penyebaran Covid-19 di Kota Medan yang sudah terkendali. Bahkan di Bulan Juni mendatang, Pemko Medan juga berencana untuk membuka kembali Kesawan City Walk (KCW), The Kitchen of Asia.

"Semua itu wujud nyata keseriusan Pak Wali untuk memfasilitasi dan memberikan ruang kepada para pelaku UMKM agar dapat memasarkan dan menjual produk-produknya. Ini kebijakan yang baik dan inilah yang harusnya dicontoh," katanya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler