Ini Dia Sosok Calon Pengganti Senator WTP Simarmata yang Meninggal Dunia

Sabtu, 18 Juni 2022 08:03 WIB

Share
Ini Dia Sosok Calon Pengganti Senator WTP Simarmata yang Meninggal Dunia

MEDAN, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Mantan Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata yang juga merupakan senator asal Sumatera Utara, dikabarkan meninggal dunia, Jumat 17 Juni 2022.

Pdt WTP Simarmata merupakan seorang senator peraih suara terbanyak dari Sumatera Utara pada 2019 lalu. Perolehan 803.638 suara, Pdt WTP Simarmata mengungguli seluruh calon DPD yang berjumlah 19 orang.

Tersiarnya kabar berpulangnya Pdt WTP Simarmata membuat publik ingin tahu siapa sosok yang akan menggantikannya. Ia adalah Faisal Amri.

Berdasarkan rekapitulasi surat Pemilu Legislatif (Pileg) DPD RI dari 33 kabupaten/kota se Sumatera Utara, Faisal Amri memperoleh 496.618 suara.

Menurut Komisioner KPU Sumut, Yulhasni, sebagaimana dilansir dari Tribun Medan, Sabtu 18 Juni 2022, susuai aturan memang pengganti Pdt WTP Simarmata adalah Faisal Amri

"Sesuai aturan memang demikian," ujar Yulhasni.

Menggugat Perolehan Suara 

Faisal Amri, juga pernah menggugat hasil Pemilu Legislatif 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Faisal memasukkan berkas permohonan Kamis 23 Mei 2019 malam.

Faisal keberatan dengan penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena tidak masuk dalam empat besar peraih suara terbanyak.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar