Bank Sampah Dinas P2K Medan Upaya Mewujudkan Visi Misi Walikota Bobby

Kamis, 23 Juni 2022 14:36 WIB

Share

MEDAN, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) melaunching pembentukan bank sampah. Bank sampah sebagai bentuk dukungan mewujudkan visi misi Walikota Medan Bobby Nasution ini, diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah yang akan dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Bank sampah di Dinas P2K ini ada di tiga titik. Di antaranya di Markas Komando (Kantor Dinas P2K) dan dua lainnya di UPT. Guna memaksimalkan pengelolaan bank sampah, Dinas P2K juga membentuk tim pengurus dan pengelolaan bank sampah. Kadis P2K Medan, Albon Sidauruk, didapuk sebagai pembina.

Albon saat dikonfirmasi menyebutkan, pembentukan bank sampah ini merupakan bentuk dukungan pihaknya dalam upaya mewujudkan visi misi Bobby Nasution. Selain itu juga sesuai dengan Surat Edaran Walikota No 658.1/1986, tanggal 2 Maret 2022, tentang Hari Peduli Sampah Nasional.

Albon Sidauruk menambahkan, launching bank sampah ini dilakukan pada Juni, bertepatan dengan memperingati Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2022. Dengan begitu diharapkan keberadaan bank sampah ini dapat bermanfaat dan mengedukasi jajaran Dinas P2K, terkait dengan memilah sampah.

"Bank sampah ini kita bangun di tiga titik. Salah satunya di markas komando. Dimana, bak sampah terbuat dari riol beton dengan volume satu meter kubik per bak. Nantinya bak sampah ini akan difungsikan sekaligus memproduksi pupuk organik. Bak sampah organik ini juga terdapat di dua UPT yang menjadi lokasi bank sampah," jelasnya, Kamis 23 Juni 2022.

Menurutnya, metode pada bank sampah ini yakni, sampah dari seluruh bidang dan unit dipilah dengan 3 tong sampah, sampah organik, sampah kertas atau karton bersifat kering dan sampah plastik yang diwadahi untuk pengumpulannya.

"Sampah organik akan dibuang setiap hari ke bak. Sedangkan sampah kertas dan plastik akan diserahkan ke aplikasi KEPUL sekali sebulan. Dengan adanyab bank sampah di Dinas P2K, kami berharap sampah yang diangkut truk sampah akan berkurang 70 persen. Selain itu kami berharap, cara pengelolaan memilah sampah yang kami terapkan di kantor dapat ditiru dan dilaksanakan di rumah seluruh jajaran Dinas P2K Kota Medan," sebut Albon Sidauruk.

Terkait dengan pembentukan tim pengurus dan pengelolaan bank sampah, Albon Sidauruk menjelaskan, pengurus bank sampah dibentuk sampai dengan penanggungjawab ruangan. Sehingga akan terjaga kedisiplinan membuang sampah pada tempat sesuai pilahan sampahnya.* (bs)

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler