Bupati Tapsel Minta 46 Penerima Manfaat BSPS Dilayani Maksimal

Sabtu, 25 Juni 2022 16:53 WIB

Share
Bupati Tapsel Minta 46 Penerima Manfaat BSPS Dilayani Maksimal

TAPSEL, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu SPt MM, menyampaikan penyerahan buku tabungan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) kepada para masyarakat, menjadi bukti perhatian serta kekompakan dari legislatif dan eksekutif. Hal ini merupakan perwujudan tugas dari pemerintah, yakni mewujudkan hunian yang layak bagi masyarakatnya.

"Dalam hal ini pemerintah pusat juga memberikan fasilitas kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota," ungkap bupati saat penyerahan buku tabungan BSPS kepada warga Desa Biru dan Desa Labu Tayas, di ruang Kantor Camat Aek Bilah, Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapsel, Sabtu 25 Juni 2022.

Program itu juga, menurut bupati, sejalan dengan visi misinya, yakni mewujudkan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat Tapsel, yaitu program rehabilitasi rumah yang tidak layak huni.

Bupati juga menjelaskan, ini pengawalan agar program ini tepat sasaran juga akan menjadi perhatian dari pemerintah atasan. Bila kegiatan ini berjalan dengan baik, diharap, kepercayaan pemerintah pusat terhadap Tapsel semakin baik. Sehingga kegiatan ini bisa terus berlanjut.

"Tentu pembangunan sedikit terhambat karena semua pihak fokus menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah yang mana yang leluasa membangun di masa pandemi tersebut," tanya bupati.

Dengan fokus yang sama, menangani Covid-19 namun Pemkab Tapsel masih menorehkan prestasi, mendapatkan penghargaan Anugerah Tangguh Adhiwirasana yang diterima Pak Presiden Jokowi di Istana Negara.

"Penghargaan itu, dianugerahkan kepada kabupaten yang berhasil dalam menangani Covid-19 terbaik di antara 30 pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan Tapsel masuk 18 kabupaten terbaik," katanya.

Lebih lanjut bupati kembali menjelaskan tujuan dari kegiatan ini, untuk meningkatkan prakarsa masyarakat berpenghasilan rendah. Sedangkan sumber dana berasal dari APBN, DAK, APBD Provsu dan APBD Kabupaten.

Program itu, pada perjalanan 2021 ada 44 unit rumah layak huni yang sudah direhabilitasi bersumber dari APBD Tapsel. Alokasi BSPS 2022 sumber APBN untuk tahap I yaitu 123 unit dan tahap II 200 unit. Sedangkan sumber Dana APBD Tapsel tahun 2022 sebanyak 30 unit.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar