Guna Menunjang Ekonomi Warga, Bobby Nasution Ingin Menjadikan Danau Martubung Wisata Air

Sabtu, 23 Juli 2022 07:59 WIB

Share
Guna Menunjang Ekonomi Warga, Bobby Nasution Ingin Menjadikan Danau Martubung Wisata Air

MEDAN, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Pemko Medan ingin menjadikan Danau Martubung sebagai kolam resapan untuk mengatasi banjir yang selama ini terjadi.

Di samping itu danau buatan yang memiliki luas sekitar 10 hektar ini juga akan dijadikan wisata air guna menunjang ekonomi warga sekitar. Ditargetkan, akhir 2023 pembangunannya selesai.

Hal ini terungkap ketika Walikota Medan Bobby Nasution meninjau Danau Mertubung di Perumahan Griya Martubung Jalan Tanggul Raya, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Jumat 22 Juli 2022 petang.

Dikatakan Bobby Nasution, awal pembangunan tahap pertama yang dilakukan yakni memfungsikan Danau Martubung untuk penanggulangan banjir di kawasan tersebut. Seperti diketahui, ungkapnya, kawasan itu rawan banjir. Setiap hujan deras, banyak rumah warga yang tergenang.

"Kita akan jadikan Danau Martubung menjadi kolam resapan. Fungsi utamanya untuk penanganan banjir. Ada sekitar 1 hektar di area kolam yang akan kita jadikan kolam penampungan dan airnya nanti kita kembalikan lagi ke Danau Martubung. Kita akan minta tambahan lagi dari Dinas Lingkungan Hidup," kata Bobby Nasution.

Diungkapkan orang nomor satu di Pemko Medan ini, Dinas Lingkungan Hidup minta tambahan lagi untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sehingga air yang masuk ke dalam Danau Martubung benar-benar dapat dijadikan treatment untuk airnya.

Selain untuk penanganan banjir fungsi utamanya, kata Bobby Nasution, juga harus bisa dilihat dari sisi ekonomi. Sebab, kolam penampungan dapat juga dijadikan tempat wisata.

"Setelah kolam penampungan kita bangun dan buat bagus serta fungsi utamanya sebagai penanganan banjir telah berfungsi, barulah fungsi berikutnya untuk penunjang ekonomi di sekitar kawasan tersebut. Itu nanti melalui pariwisatanya. Mudah-mudahan nanti bisa menikmati wisata air di Danau Martubung ini," ungkapnya.

Didampingi Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH, Kadis Pekerjaan Umum Kota Medan Topan OP Ginting, Kadis Lingkungan Hidup Zulfansyah Ali Syahputra dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan SI Dongoran, Bobby Nasution memperkirakan pembangunan kolam resapan akan selesai akhir 2023.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar