Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kembali Terjadi di Kabupaten Samosir
Sabtu, 6 Agustus 2022 16:55 WIB
Share
Kebakaran lahan kawasan Bukit Parombahan (Simpang Gonting), Desa Aek Sipitudai, dan lahan kawasan Bukit Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mulamula, juga ikut terbakar, Jumat 5 Agustus 2022 malam.

SAMOSIR,SUMUT.POSKOTA.CO.ID-

Kebakaran lahan kawasan Bukit Parombahan (Simpang Gonting), Desa Aek Sipitudai, dan lahan kawasan Bukit Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mulamula, juga ikut terbakar, Jumat 5 Agustus 2022 malam.

Hal itu dibenarkan Camat Sianjur Mulamula Sihar Limbong kepada Sumut Poskota.co.id saat dihubungi via telepon.

Saat ini, katanya, kepolisian dan pemadam kebakaran sudah turun melakukan pemadaman di Bukit Desa Siboro. “Ini baru selesai kami padamkan,” ujar Sihar.

Tokoh Masyarakat Kenegrian Limbong, Jongar Limbong tinggal di seputaran kaki Gunung Pusuk Buhit, tepatnya di bawah Objek Wisata Batu Sawan, membenarkan kejadian tersebut. “Iya, ada kebakaran di Pusuk Buhit,” ujarnya.

Menurutnya, Gunung Pusuk Buhit merupakan tempat yang dianggap sakral oleh orang Batak. “Api sudah naik sampe ke atas,” ucapnya.

Kabag Ops Polres Samosir Kompol Lengkap Suherman Siregar telah turun ke lokasi telah berupaya memadamkan api yang terus menjalar.

“Kejadian sekitar pukul 20.00 WIB, pertama diketahui adanya titik api tepat di Bukit Parombahan (Simpang Gonting) Desa Aek Sipitudai Kecamatan Sianjurmulamula,” sebut Lengkap Suherman.

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang lebih besar, sebelumnya Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon telah membentuk tim Satgas yang disertai MoU sebagai sikap dan tanggung jawab bersama untuk penanganan Karhutla.

Saat ini api masih menyala di areal perbukitan Parombahan Desa Aek Sipitudai Kecamatan Sianjurmulamula. Termasuk okasi titik api berada di pinggir jalan Tele-Pangururan. “Sampai saat ini masih dilakukan upaya pemadaman api bersama sama dengan instansi terkait,” pungkas Lengkap Suherman.(Monang)

Reporter: Admin Sumut
Editor: Lilik Riadi
Contributor: Monang
Sumber: -