Tingkatkan Kualitas Hasil UP2K, TP PKK Medan Kunjungi Tangsel

Kamis, 11 Agustus 2022 07:52 WIB

Share
Tingkatkan Kualitas Hasil UP2K, TP PKK Medan Kunjungi Tangsel

TANGSEL, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Sebagai wujud dukungan pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK di Kota Medan, Tim Penggerak PKK Kota Medan yang dipimpin Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke TP PKK Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa 9 Agustus 2022. Selain bersilaturahmi, tujuan kedatangan juga untuk menggali informasi dan mempelajari UP2K yang telah dikembangkan di Kota Tangsel tersebut.

Setiba di Kantor PKK Kota Tangsel, Kahiyang disambut hangat dan penuh kekeluargaan oleh Walikota Tangsel Benyamin Davnie bersama Ketua TP PKK Kota Tangsel Hj Tini Indrayanthi Benyamin Davnie, Pj Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar, Wakil Walikota Pilar Saga Ichsan dan Sekda Bambang Noertjahjo.

Menurut Kahiyang Ayu, keberhasilan UP2K perlu didorong agar berkembang menjadi usaha yang tidak sekedar menambah penghasilan keluarga. Tetapi juga mampu memberikan kontribusi nyata pada perekonomian suatu daerah. Untuk itu, imbuhnya, peningkatan pendapatan keluarga perlu didorong dan PKK harus berperan secara aktif, guna mewujudkan tujuan tersebut.

Karena pada dasarnya, lanjut Kahiyang, kondisi ekonomi merupakan faktor penting dalam mewujudkan keluarga sejahtera. Semakin kuat kondisi ekonomi keluarga, maka kesejahteraan akan semakin meningkat.

Kebetulan untuk UP2K di Kota Medan, jelas Kahiyang, masih kurang. Namun untuk program Sakasanwira (satu kelurahan satu sentra kewirausahaan) yang diinisiasi Walikota Medan Bobby Nasution, sedang fokus dilakukan. Dimana setiap kelurahan, jelasnya, harus memiliki satu UMKM. Kebetulan di salah satu kelurahan yang ada di Kota Medan terkenal dengan pengrajin tapenya.

"Dalam kunjungan kami ke Kota Tangsel ini, kami ingin belajar bagaimana meningkatkan kualitas hasil UP2K yang dilakukan oleh TP PKK Kota Tangerang Selatan. Kami juga ingin belajar bagaimana hasil UP2K ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama untuk menambah pendapatan keluarga," ungkapnya.

Karenanya, dengan adanya silaturahmi ini, Kahiyang berharap agar TP PKK Kota Tangsel dan Kota Medan dapat menjalin kerjasama, mengembangkan dan menciptakan peningkatan usaha ekonomi keluarga, melalui usaha kelompok dan perorangan.

"Kami juga berharap melalui pertemuan ini kita dapat saling bertukar informasi dan mempromosikan potensi daerah yang ada di wilayah kita masing-masing. Mari kita jadikan kunjungan ini sebagai pertemuan awal yang banyak memberikan manfaat bagi pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat," harap Kahiyang, seraya menambahkan, Kota Medan terkenal dengan kulinernya yang memiliki dua rasa, yakni enak dan enak sekali.

Melansir https://www.facebook.com/PemkoMedan, Kamis 11 Agustus 2022, setelah saling bertukar informasi, Kahiyang saling bertukar cenderamata dengan Walikota Tangsel dan Ketua TP PKK Tangsel. Dalam kesempatan tersebut, Kahiyang juga mengunjungi gerai UMKM yang ada di tempat tersebut. Kemudian acara dilanjutkan dengan makan siang bersama.* (r/bs) 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar