Cerita Haru Dibalik Relawan Pembaca Teks Proklamasi di Jakarta

Selasa, 16 Agustus 2022 07:21 WIB

Share
Sejak tanggal 1 sampai 16 Agustus 2022,The Jakmania menjadi bagian dari relawan Komunitas Kolaborasi yang bertugas membaca Teks Proklamasi pada 50 titik jalan utama di wilayah Jakarta
Sejak tanggal 1 sampai 16 Agustus 2022,The Jakmania menjadi bagian dari relawan Komunitas Kolaborasi yang bertugas membaca Teks Proklamasi pada 50 titik jalan utama di wilayah Jakarta

JAKARTA,SUMUT.POSKOTA.CO.ID - 

Sejak tanggal 1 sampai 16 Agustus 2022,The Jakmania menjadi bagian dari relawan Komunitas Kolaborasi yang bertugas membaca Teks Proklamasi pada 50 titik jalan utama di wilayah Jakarta.

Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap harinya pada pukul 07.00-08.00 Dan 16.00-17.00.

Bagi suporter fanatik Persija, pembacaan Teks Proklamasi secara massif dan militan ini adalah hal yang pertama kali dilakukan di Jakarta maupun di Indonesia atau bahkan di dunia. Mereka merasa terhormat dan bertanggung jawab ketika terlibat dalam acara tersebut.

Menariknya, selama pelaksanaan kegiatan pembacaan Teks Proklamasi para relawan The Jakmania ini mengubah kebiasaan yang selama ini mereka jalani.

Menurut Febrianto selaku Koordinator The Jakmania mengatakan, yang tadinya mereka hidup semaunya sekarang berubah menjadi lebih baik, mandi dan berpakaian yang baik jg wangi,penampilan lebih bersih, juga menarik. Ada salah seorang Jakmania yang meninggalkan kebiasaannya minum minuman keras demi menghormati kegiatan ini.

Tidak hanya dialami oleh The Jakmania, Irlan selaku Koordinator Relawan Komunitas Kolaborasi Jakarta Selatan merasa terharu ketika membacakan Teks Proklamasi dengan mengajak anaknya. Acara yang digagas oleh Komunitas Kolaborasi ini juga terbukti meningkatkan rasa nasionalisme di antara semua pihak yang terlibat. The Jakmania juga mengajak seluruh suporter di tanah air untuk melakukan hal ini di daerah mereka masing -masing.

Aksi pembacaan Teks Proklamasi di beberapa titik wilayah DKI Jakarta disambut positif oleh berbagai pihak. Salah satunya, Ali Maulana sebagai Walikota Jakarta Utara turun langsung ke lapangan dan memerintahkan Camat juga Lurah mengajak para polisi, Dishub, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Karang Taruna, dan semua instansi terkait ikut mendukung kegiatan tersebut.

Rangkaian kegiatan ini didokumentasikan dan dipublikasikan di laman media sosial Instagram Dinas Kominfo Jakarta Utara.

Komunitas Kolaborasi sengaja memilih kegiatan Pembacaan Teks Proklamasi bukan tanpa alasan. Sonny Muhammad selaku Ketua Komunitas Kolaborasi mengatakan, pembacaan teks proklamasi adalah momentum penting yang menjadi landasan terjadinya kemerdekaan dan dilaksanakan di Jakarta.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler