5 Lembaga Pegiat Pemilu dan KPU Sumut Bangun Sinergitas

Jumat, 2 September 2022 07:56 WIB

Share

MEDAN, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Lima organisasi pegiat Pemilu di Sumatera Utara (Sumut) membangun sinergitas bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Kamis 1 September 2022.

Hal itu dilakukan saat lima organisasi pegiat Pemilu, Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI), Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Komite Pemilih Indonesia (TEPI) dan Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia (YRKI) Sumut, berkunjung ke Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan. 

Kehadiran lima lembaga para pegiat pemilu ini membahas perihal proses pelaksanaan Pemilu 2024 di Sumut.

Direktur Eksekutif JaDI Sumut, Nazir Salim Manik menjelaskan, kehadiran mereka ke Kantor KPU Sumut untuk berdiskusi tentang penyelenggaraan Pemilu Tahun 2022. Pegiat pemilu yang merupakan bagian dari sistem demokrasi membutuhkan informasi dari sumber lembaga yang resmi.

"Kita berharap KPU Sumut menjadi sumber informasi mengenai perkembangan dan peraturan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024,” ujar Nazir Manik.

Koordinator Provinsi Komite Pemilih Indonesia (TePI) Sumut Darwin Sipahutar, mengatakan, kehadiran mereka ke KPU Sumut sebagai bentuk penguatan kerja sama antar pegiat Pemilu dan penyelenggara Pemilu.

 “Di samping itu, saat ini TePI Sumut sedang membuka layanan pengaduan masyarakat terkait adanya pencatutan nama masyarakat sebagai anggota Partai Politik ke dalam SIPOL,” ujarnya.

Sementara, Wakil Korda JPPR Sumut Abdul Halim Munthe menyampaikan, bahwa JPPR sebagai lembaga pemantau pemilu yang sudah terakreditasi pada pemilu 2024 akan tetap melakukan kerja-kerja konkrit untuk melahirkan kualitas Pemilu 2024 lebih baik lagi.

Senada, perwakilan dari Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia (YRKI), mengatakan, berbagai persoalan yang ada Pemilu 2019 kemarin tidak terulang lagi pada Pemilu 2024.

Halaman
Editor: Bambang Sugiarto
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar