10 Jenis Produk Unggulan UMKM di Medan Masuk Pasar Modern

Selasa, 20 September 2022 08:19 WIB

Share

MEDAN, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Salah satu program prioritas Walikota Medan Bobby Nasution yakni memberdayakan UMKM. Bobby punya komitmen dan perhatian serius agar UMKM dapat berkembang dan naik kelas. 

Selain memberikan pendampingan, Bobby juga membantu memasarkan produk unggulan UMKM, dengan target awal produk UMKM menembus dan masuk ke dalam pasar modern.

Kini komitmen Bobby Nasution sudah mencapai target. Berbagai produk unggulan UMKM kota Medan telah menembus dan masuk ke dalam pasar modern. Produk - produk UMKM pun kompetitif terbukti mampu bersaing dengan produk lainnya yang ada di pasar modern.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Benny Iskandar Nasution, mengatakan, masuknya produk UMKM ke pasar modern merupakan komitmen pak Walikota Medan Bobby Nasution, agar UMKM di Kota Medan dapat bangkit dan berkembang serta naik kelas. 

"Atas komitmen Pak Bobby Nasution itu kita terus berupaya agar produk UMKM dapat menembus pasar modern dan saat ini produk UMKM telah berhasil masuk ke dalam pasar modern," ungkap Benny baru-baru ini. 

Benny menambahkan, ada sepuluh jenis produk UMKM yang telah masuk ke dalam pasar modern. Produk UMKM ini berupa makanan ringan atau cemilan. Di antaranya keripik pisang balado, keripik pisang ori, keripik talas, rempeyek ikan teri, rempeyek kacang, tape ubi, sambel emping, rengginang, brownies dan sambal teri kacang (Sartika).

"Produk UMKM ini sebelum masuk ke pasar modern telah kita bina dan beri pendampingan baik itu terkait dengan kualitas produknya sampai dengan packagingnya. Artinya produk UMKM yang masuk ke pasar modern sesuai dengan standard dan siap bersaing dengan produk lainnya," kata Benny. 

Dijelaskan Benny, produk UMKM ini telah masuk ke pasar modern sejak bulan November tahun 2021 sampai dengan saat ini di berbagai pasar modern baik itu modern besar maupun  menengah. Di awal masuknya, jumlah produk yang diletakkan di gerai pasar modern mencapai 939 kemasan produk, dengan keuntungan awal mencapai 2 juta rupiah.

"Hampir di setiap bulannya produk UMKM yang dijual di pasar modern ini menghasilkan laba bersih sekitar Rp 1 juta sampai Rp 2 jutaan. Meskipun ada beberapa bulan laba bersih hanya mencapai ratusan ribu, namun di bulan- bulan berikutnya laba bersih kembali naik," Sebutnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler