Personel Polres Langkat Diperiksa Propam Gegara Amankan Legislator

Selasa, 20 September 2022 15:56 WIB

Share

LANGKAT, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Buntut penangkapan dan penetapan tersangka terhadap legislator Langkat, Zul alias T, mengakibatkan sejumlah personel Polres Langkat diperiksa Propam Polda Sumut.

Menurut Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, petugas Propam sedang memeriksa personel yang terlibat dalam penangkapan itu. Tim sedang memeriksa personel Polres Langkat yang terlibat.

Tim lagi bekerja, Propam lagi bekerja. Karena, ada mekanisme untuk tindakan kepolisian terhadap anggota dewan. Itu sudah diatur dalam UU,” kata Panca, baru-baru ini. 

Begutupun, Panca belum menyebutkan siapa saja oknum Polres Langkat yang diperiksa Propam Polda Sumut. “Sedang ada yang diperiksa Propam,” tutur Panca.

Sebelumnya, anggota DPRD Langkat dari Fraksi NasDem Zul alias T diamankan ke Mapolres Langkat, Rabu 7 September 2022 pagi. Dia diamankan di sekitar kediamannya di Kecamatan Gebang, Langkat. Wakil rakyat itu, diboyong puluhan aparat kepolisian berpakaian preman, karena dituduh melakukan penghasutan. Hal itu pun sempat menjadi perhatian warga sekitar.

Penasehat hukum Tono, Muhammad Arrasyid Ridho SH MH, mrngatakan, kliennya dijemput dari sekitar rumahnya dan diperiksa dalam status sebagai tersangka. 

Diperiksa di Polres Langkat

Tono diamankan karena diduga melakukan tindak pidana penghasutan, sebagaiman yang dimaksud dalam pasal 160 KUHP. Dalam waktu 1 x 24 jam, T akan menjalani pemeriksaan di Mapolres Langkat.

Wakil rakyat itu dituduh melakukan penghasutan terhadap masyarakat di daerah pemilihan (Dapil-nya) pada Februari 2022. Hal itu berkaitan dengan persoalan masyarakat dengan PT Rapala.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar