Warga Merasa Dipersulit Urus Buku Nikah di KUA Halongonan

Kamis, 22 September 2022 16:50 WIB

Share
Warga Merasa Dipersulit Urus Buku Nikah di KUA Halongonan
Kantor KUA Halongonan

PALUTA,SUMUT.POSKOTA.CO.ID - 

Warga Hutaimbaru Baleo Aman Harahap merasa dipersulit mengurus buku nikahnya. Dia yang sudah lama menikah bahkan sudah punya anak mengurus buku nikah di KUA Halongonan 20 September 2022 yang lalu. 

"Kepala KUA Halongonan Martua Raja Daulay menyuruh saya melengkapi administrasi dengan mengisi formulir isbat nikah, foto copy KTP, foto copy KK, foto copy KTP 2 saksi dan mendaftarkan di Pengadilan Agama", kata Baleo. 

Baleo bertanya kepada Kepala KUA Halongonan Martua Raja Daulay, dimana mendapatkan formulir isbat nikah. 

"Kalau masalah formulir isbat nikah dapat diperoleh, di poto copy Mari Jaya Gunung Tua, mau tanjakan ke arah Sidimpuan. Mari Jaya ada formulirnya, karena kita sering disana buat formulirnya", ujar Martua. 

Lalu Baleo berangkat ke foto copy Mary Jaya Gunung Tua menanyakan formulir isbat nikah itu. Foto copy Mary Jaya mengatakan tidak ada formulir isbat nikah. 

Baleo menjumpai Kepala KUA Halongonan Martua kembali dan , menanggapinya. "Mana saya tahu itu kalau begitu modelnya, karena saya suruh ke sana karena poto copy yang diunjuk pengadilan agama disitulah tempatnya, sebelum kantor ini ada, kantor pengadilan yang ada di Kampung Banjir udah disitu kian kita mengurus masalah formulir", imbuh Martua. 

Dalam hal ini Baleo pada hari kamis 22 September 2022, meminta kepada Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara supaya membuat peringatan keras atas tindakan KUA Halongonan yang seolah mempersulit masyarakat yang membuat buku nikah, biar ada epek jerah juga menjadi pelajaran kepada para KUA yang lain di Kabupaten Padang Lawas Utara tidak mempersulit urusan masyarakat", pungkasnya. (Haryan).

Reporter: Admin Sumut
Editor: Lilik Riadi
Contributor: Haryan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar