Balitbang Pemko Medan Gelar Seminar Percepatan Penanggulangan Stunting

Jumat, 23 September 2022 07:22 WIB

Share
Balitbang Pemko Medan Gelar Seminar Percepatan Penanggulangan Stunting

MEDAN, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Pemko Medan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan menggelar seminar hasil model pemberdayaan masyarakat, dalam percepatan penanggulangan stunting di Kota Medan tahun 2022,di Hotel Grand Antares, Kamis 22 September 2022.

Seminar dibuka Walikota Medan Bobby Nasution diwakili Kaban Balitbang Kota Medan, Irwan Ritonga, menghadirkan Ketua Tim Pokja Jaringan Penelitian dan Pengembangan Bidang Kesehatan, Dr Drs Zulfendri MKes dan Dr Dra Jumirah Apt MKes selaku tim tenaga ahli.

Irwan mengatakan seminar hasil penelitian ini merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi dari Balitbang Kota Medan, sebagai lembaga yang dapat memberikan sumbangan pemikiran. Dapat dijadikan kebijakan serta program oleh Pemko Medan, demi mempercepat gerak serta menjaga koridor pembangunan di Kota Medan.

"Balitbang Kota Medan sesungguhnya memiliki peranan yang sangat strategis, karena dengan tugas pokok dan fungsinya melakukan kajian menyangkut kebutuhan dasar masyarakat. Hal ini sangat penting agar pembangunan tersebut dapat dipertanggung jawabkan secara akademis," kata Irwan Ritonga.

Lebih lanjut Irwan Ritonga menjelaskan, permasalahan stunting pada anak balita umumnya terkait dengan kurangnya asupan zat gizi dalam waktu yang lama dan terjadinya penyakit infeksi. Karena itu upaya penanggulangan stunting harus disesuaikan dengan permasalahan yang terkait dengan faktor penyebabnya.

"Karena itu diharapkan penelitian ini nantinya dapat menjadi rekomendasi dalam penurunan stunting di Kota Medan. Hal ini juga sejalan dengan program prioritas Bapak Walikota Medan Bobby Nasution dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Kota Medan," harap Irwan Ritonga.

Sebelumnya, Kabid sosial dan Kependudukan Balitbang Kota Medan, Bahrian Effendi, menyampaikan, pelaksanaan seminar hasil ini sebelumnya telah dilaksanakan terlebih dahulu seminar proposal yang menghimpun saran dan masukan dari masing-masing OPD.

"Dalam seminar proposal sebelumnya kita telah menerima banyak masukan dan saran dari OPD khususnya dari 4 wilayah yang menjadi locus penelitian yakni Kecamatan Medan Deli, Kecamatan Medan Labuhan, Kecamatan Medan Marelan dan Kecamatan Medan Belawan," ujar Bahrian.

Dalam seminar hasil ini, melansir dari https://www.facebook.com/PemkoMedan, Jumat 23 September 2022, juga disampaikan pemaparan dari Dr Dra Jumirah Apt MKes selaku tim tenaga ahli yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.* (r/bs) 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar