Kasus Pengancaman Penganiayaan Diselesaikan Polsek Simpang Empat dengan Restorative Justice

Rabu, 28 September 2022 18:00 WIB

Share

KARO, SUMUT.POSKOTA.CO.ID 

Polsek Simpang IV menyelesaikan perkara kasus Tindak Pidana Penganiayaan dan Pengancaman secara Restoratif Justice. Kasus pidana dialami korban pelapor Marlin Br Kaban (48), warga Desa Beganding, Kecamatan Simpang Empat, yang dilakukan Herpiando Ginting (22), warga Desa Beganding Agustus 2022 lalu 

Penyelesaian perkara dilaksanakan di Ruangan Unit Reskrim Polsek Simp IV, Rabu 28 September 2022 Pukul 11.00 WIB. 

Kapolres Karo, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH, melalui Kapolsek Simpang Empat AKP Riduan Harahap SH, didampingi Kasi Humas Polres Karo Iptu  M Sahril Lubis, mengatakan, restorative justice dilakukan berdasarkan perdamaian yang telah terjadi secara musyawarah dan kekeluargaan antara pelaku dengan korban. 

"Sudah kita mediasi kedua belah pihak dan keduanya sepakat melakukan perdamaian secara keadilan restoratif," lanjutnya. 

Dikatakannya, perdamaian dilakukan sesuai Peraturan Kepolisian No 08 Tahun 2021, tentang Penanganan Tindak Pidana berdasarkan Keadilan Restoratif yang merupakan Program dari Kepolisian Negara RI dalam Penanganan Penyelesaian Kasus secara Restoratif Justice, yang dicanangkan Bapak Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo MSi. 

Penyelesaian perkara dilaksanakan melalui Gelar Perkara yang dipimpin Kapolsek Simpang Empat, yang juga dihadiri dari kedua belah pihak dan keluarganya serta Kepala Desa Beganding Pelawi Sembiring Pelawi. 

Pelaku mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya dan korban sepakat berdamai secara kekeluargaan serta tidak ingin melanjutkannya ke jalur hukum. Keduanya juga membuat surat perdamaian dan surat pernyataan terkait restorative justice. 

"Pelaku dan Korban juga masih mempunyai hubungan keluarga serta korban telah membuat Surat Permohonan Pencabutan Perkara/Laporan Pengaduannya ke Polsek Simp IV," ujar Kasi Humas Polres Karo. 

Kepala Desa Beganding saat proses mediasi, menyampaikan apresiasi kepada aparat kepolisian yang telah memfasilitasi kedua belah pihak untuk menyelesaikan perkara ini. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar