Beredar Kabar Percaloan di Kanim Klas I Khusus Medan, Kakanim Johannes: Tindak Tegas Petugas Pungli

Senin, 21 November 2022 22:25 WIB

Share

MEDAN, SUMUT.POSKOTA.CO.ID          

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Klas l Khusus Medan, Johannes Fanny, menegaskan, akan menindak tegas petugas imigrasi yang coba-coba dan kedapatan melakukan pungutan liar (Pungli).

Pernyataan tersebut disampaikan Johannes melalui Kepala Bidang Dokumen Perjalanan Izin Tinggal (Dokjalintal), Widiyanto SH, Senin 21 Nopember 2022, sekaitan dengan beredarnya kabar percaloan di lingkungan Kantor Imigrasi TPI Klas l Khusus Medan. 

Pernyataan tegas Johannes tersebut juga untuk menyikapi dugaan maraknya calo dan buruknya pelayanan bagi pemohon paspor di Kantor Imigrasi TPI Klas l Khusus Medan. Dimana, Patimah (72), warga Kuta Cane yang bermohon paspor dengan tujuan ibadah Umroh, mengalami itu baru-baru ini. 

Belakangan terungkap, apa yang terjadi pada Patimah, hanya karena miss komunikasi dengan petugas Imigrasi yang bertugas sesuai SOP. Saat pembuatan paspor, pada buku nikah Patimah tidak tertera tempat lahir. Dan salah seorang keluarga Patimah mohon agar diberi kemudahan, berupaya untuk coba menghadap pimpinan. Tetapi petugas wawancara menghadang keluarga Patimah. Hingga akhirnya semua telah clear tanpa ada masalah lagi. 

"Dan kami selaku pimpinan telah melakukan pembinaan kepada seluruh petugas agar bisa lebih bersabar menghadapi pemohon paspor yang jumlahnya ratusan di setiap hari kerja. Inilah yang mungkin membuat petugas keletihan, sampai larut dalam emosional. Mudah-mudahan, hal-hal yang tidak diingini tidak terulang lagi," jelas Widiyanto.* (Ryans)

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar