Pahala Sitorus Minta Pj Walikota Segera Lantik Kepling Terpilih se Tebingtinggi

Rabu, 23 November 2022 13:33 WIB

Share
Pahala Sitorus saat memberikan surat kepada Sekda Tebingtinggi (sumut.poskota.co.id/Erwan) 
Pahala Sitorus saat memberikan surat kepada Sekda Tebingtinggi (sumut.poskota.co.id/Erwan) 

TEBINGTINGGI, SUMUT.POSKOTA.CO.ID

Pahala Sitorus minta Pj Walikota Tebingtinggi segera melantik Kepala Lingkungan (Kepling) terpilih se-Kota Tebingtinggi. Jika sampai 30 November 2022 tak juga dilantik, permasalahan calon Kepling yang sudah terpilih ini akan langsung dibawa ke Mendagri.

Permintaan ini disampaikan langsung Pahala Sitorus melalui suratnya yang disampaikan kepada Plt Sekda Kota Tebingtinggi, Bambang Sudaryono, di ruang kerjanya, Rabu 23 Nopembet 2022.

"Selaku masyarakat Kota Tebingtinggi, saya memiliki legal standing. Dan saya keberatan sekali jika sampai saat ini, calon Kepling yang sudah terpilih tidak dilantik. Permintaan pelantikan Kepling ini, juga sebagai bentuk dukungan ke Pj Walikota," ujar Pahala Sitorus.

Pelantikan Kepling harus dilaksanakan, mengingat tahapan pelaksanaannya telah selesai dan telah ditetapkan yang terpilih oleh Panitia Pemilihan. Dan masa bakti Kepling di Kecamatan Padang Hulu, Tebingtinggi Kota dan Kecamatan Rambutan telah berakhir 13 September 2022. Juga masa bakti Kepling di Kecamatan Padang Hilir serta Bajenis berakhir 24 Oktober 2022.

Untuk itu, diharapkan Pj Walikota segera melaksanakan pelantikan Kepling untuk mewujudkan kepastian hukum, menghindari kekosongan jabatan Kepling dan mencegah timbulnya masalah hukum, berakibat hilangnya kepercayaan masyarakat kepada Pemko Tebingtinggi.

Surat permintaan pelantikan Kepling tersebut juga ditembuskan kepada Mendagri, Gubsu, Kapolres Tebingtinggi, Kejari dan Ketua PN Tebingtinggi.

Sementara Plt Sekda Bambang Sudaryono menyatakan akan melanjutkan surat Pahala Sitorus ke Pj Walikota.

Masalah Kepling se-Kota Tebingtinggi kisruh setelah dilakukan penetapan Kepling terpilih. Dari 179 Kepling yang sudah ditetapkan, 12 di antaranya tidak menerima dengan berbagai alasan. Sehingga mereka melakukan unjukrasa.

Demikian juga 167 Kepling yang sudah ditetapkan melakukan unjukrasa agar mereka segera dilantik. Namun, hingga sampai saat ini Kepling se-Kota Tebingtinggi belum juga dilantik.* (Erwan)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar